Translate

Kamis, 25 September 2014

ORAL APPROACH AND SITUATIONAL LANGUAGE TEACHING



Latar Belakang
SLT dikenal pada tahun 1920-1930, dipelopori oleh Harold Palmer dan A. S. Hornby, dua orang terkemuka di Inggris pada abad 20-an dalam pembelajaran bahasa. Metode SLT atau sering juga disebut Oral Approach merupakan pengembangan dari Direct Method.

Pendekatan
  • Teori Bahasa: Teori bahasa yang mendasari SLT adalah “British Structuralism”. Speech dianggap sebagai dasar bahasa, dan struktur dipandang sebagai jantungya kemampuan berbicara. Teori yang dianut menjelaskan bahwa struktur bahasa harus dihubungkan dengan situasi di mana struktur tersebut digunakan. Hal ini menjadi fitur atau ciri pembeda dari Situational Language Teaching.
  • Teori belajar: Teori belajar yang mendasari SLT adalah teori pembiasaan belajar (habit learning) kaum behavioris. Teori belajarnya lebih menekankan pada proses daripada kondisi belajar.


Desain

  • Tujuan: Tujuan dari SLT adalah mengajarkan empat keterampilan dasar berbahasa. Hal ini juga dianut oleh kebanyakan metode pengajaran bahasa. Yang membedakan adalah keterampilan berbahasa didekati melalui struktur bahasanya.
  • Model Silabus: Silabus yang digunakan dalam SLT adalah silabus struktural dan daftar kosa kata. Silabus struktural merupakan sejumlah deret struktur dan pola-pola kalimat dasar. Struktur diajarkan dalam kalimat, dan kosa kata dipilih sesuai dengan seberapa besar kosa kata tersebut mampu digunakan di dalam kalimat.
  • Aktivitas: Aktivitas yang dapat dilakukan berupa pengulangan, drill, dictation.
  • Peranan Guru, Siswa, dan Materi: Pada metode ini, guru harus menciptakan situasi yang sesuai dengan materi pelajaran bahasa target, dia bisa menjadi model, dan memiliki kemampuan untuk memberikan instruksi yang tepat, sedangkan siswanya akan mendengarkan dengan cermat dan mengulangi apa yang dikatakan gurunya. Materi yang digunakan dapat berupa textbook dan visual aids.


Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan dari metode ini adalah memberikan kesempatan pada siswa untuk mempraktekkan pengetahuan mereka, namun bisa saja membosankan bagi beberapa siswa karena adanya pengulangan. 

0 komentar:

Posting Komentar